Sikap. Bersikap terbuka dan menerima, customer merupakan prioritas utama dalam usaha kita, jauhkan sikap defensif dan keras kepala!!
Positive thinking. Komplain adalah masukan informasi yang sangat berharga yang menunjukkan kekurangan yg sebelumnya kita tidak ketahui ; komplain menunjukkan kalau customer peduli dengan kualitas dan performa barang yang kita jual.
Komplain pelanggan sebisa mungkin digali secara mendalam sampai ke akar permasalahan sehingga kita bisa memperoleh gambaran menyeluruh tentang masalah yang dihadapi oleh konsumen dan bisa menemukan solusi terbaik bagi masalah mereka.
Untuk dapat menggali informasi sebanyak-banyaknya, kita harus bersedia untuk mendengar, bertanya tanpa melibatkan emosi, dan berusaha memberikan win-win solution
Menepati janji atas solusi yang kita berikan dan sampaikan kepada customer sebelumnya dan memberitahukan progress penanganan komplain secara berkala
Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan juga :
1. Jujur mengatakan problem yang ada.
2. Memberikan estimasi pekerjaan bisa selesai.
3. Memberitahukan ke customer jika waktu penyelesaian akan meleset.
4. Jangan memberikan komitment yang over
5. Tetap senyum dan banyak mendengarkan.6. Jangan membandingkan produk dengan kompetitor baik pelayanan
maupun kualitas barang.
1. Jujur mengatakan problem yang ada.
2. Memberikan estimasi pekerjaan bisa selesai.
3. Memberitahukan ke customer jika waktu penyelesaian akan meleset.
4. Jangan memberikan komitment yang over
5. Tetap senyum dan banyak mendengarkan.6. Jangan membandingkan produk dengan kompetitor baik pelayanan
maupun kualitas barang.
Semoga bermanfaat :)
0 comments:
Posting Komentar